Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan pada Pasien Poliklinik Mata Rumah Sakit Dustira Cimahi

  • Gaos Sarifudin Institute of Health Science Dharma Husada Bandung, Indonesia
  • Suhendar Suhendar Institute of Health Science Dharma Husada Bandung, Indonesia

Abstract

Tingginya gangguan penyakit mata tentu berdampak pada peningkatan jumlah pasien layanan kesehatan mata yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang prima. Pada kenyataannya, pelayanan pada pasien belum memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat sehingga kita dapat melihat bahwa implementasi kebijakan perubahan status kelembagaan rumah sakit belum mampu meningkatkan kualitas pelayanan yang memenuhi harapan. Tujuan Penelitian : Mengetahui gambaran mutu pelayanan pada pasien Poliklinik Mata Rumah Sakit Dustira Cimahi. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 pasien dengan teknik Accidental Sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan secara univariat. Hasil penelitian menunjukkan dari responden 95 sebagian besar responden (69,5%) menilai mutu pelayanan berdasarkan dimensi kehandalan dalam ketegori baik, (62,1%) menilai mutu pelayanan berdasarkan dimensi ketanggapan dalam kategori baik, (72,6%) menilai mutu pelayanan berdasarkan dimensi jaminan dalam kategori baik, (61,1%) menilai mutu pelayanan berdasarkan dimensi empati dalam ketegori tidak baik dan (56,8%) menilai mutu pelayanan berdasarkan dimensi kenyataan termasuk dalam ketegori baik. Kesimpulan sebagian besar responden (67,4%) menilai mutu pelayanan di Poli Mata Rumah Sakit Dustira termasuk dalam ketegori baik. Disarankan Poli Mata Rumah Sakit Dustira meningkatkan kemampuan petugas refraksi untuk melaksanakan pelayanan kesehatan secara terpercaya dan akurat berdasarkan kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan perwujudan (nyata) dengan mengikut sertakan tenaga kesehatannya dalam seminar, symposium dan pelatihan pelayanan refraksi.

References

Azwar. (2007). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : Pustaka Sinar.
BPJS Kesehatan, (2014).”Panduan praktis Gate Keeper concept Faskes BPJS. Kesehatan” , Jakarta : BPJS
Bustami.(2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.
Djuhaeni Henni., (2009)., Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan., Tasikmalaya., Persi Cabang Jawa Barat
Fornell, C. (1992). A National Customer Satisfaction Barometer: The Swedish Experience. Journal of Marketing, 56
Hidayat, Aziz. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik. Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika
Iskandar. (2008). Pengaruh Pelatihan komunikasi Therapeutik Pada Perawat Pelaksana Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Tasikmalaya. Program Pasca Sarjana FIK UI.
Kemenkes RI., (2012)., Hari Kesehatan Sedunia., Jakarta : Kemenkes RI
_____, (2013), Laporan Akuntabiltas Kementrian Kesehatan Tahun 2013., Jakarta : Kemenkes RI
Kepmenkes RI, (2010) Peraturan Menteri Kesehatan yang mengatur tentang akreditasi rumah sakit salah satunya yaitu keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 1195/MENKES/SK/VIII/2010., Jakarta : Kemenkes RI
Kotler Philip., (2009)., Menajemen Pemasaran., Jakarta : Indeks
Kusnadi, Dadang., (2012) Perubahan Status Kelembagaan dan Kualitas Pelayanan Pasien Rumah Sakit., dadangkusnadi@ymail.com, diperoleh tanggal 17 Ferbruari 2018
Lupiyoadi, R & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Jakarta: Salemba Empat
Pohan, I.S. (2013). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan; Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta : EGC.
Subekti, Dede. (2009). Analisis Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan
Rangkuti. Freddy,b (2006). Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan. Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Rustam Efendi., Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas aeng towa kabupaten takalar., http:// repository.unhas.ac.id., diperoleh tanggal 17 Januari 2018
Tjiptono, Fandy dan Gregodius Chandra, (2011), Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta : Penerbit Andi
Wijono., (2011)., Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan : Teori, Strategi dan Aplikasi. Surabaya : Airlangga University Press
Published
2019-07-15
How to Cite
Sarifudin, G., & Suhendar, S. (2019). Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan pada Pasien Poliklinik Mata Rumah Sakit Dustira Cimahi. Jurnal Sehat Masada, 13(2), 118-128. Retrieved from https://ejurnal.stikesdhb.ac.id/index.php/Jsm/article/view/337