Perbandingan Pemeriksaan Astigmat Menggunakan Teknik Cross Cylinder dan Clock Dial

  • Gaos Sarifudin Institute of Health Science Dharma Husada Bandung, Indonesia
  • Ayuni Sukarman Institute of Health Science Dharma Husada Bandung, Indonesia

Abstract

Kelainan refraksi merupakan gangguan penglihatan yang sering terjadi pada seseorang. Gangguan ini terjadi ketika mata tidak dapat melihat atau fokus dengan jelas pada suatu area terbuka sehinngga pandangan menjadi kabur dan untuk kasus yang parah, gangguan ini dapat menjadikan penglihatan melemah. Kelainan refraksi yang umum terjadi diantara miopia (rabun jauh), hipermetropia (rabun dekat), dan astigmatisme. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui hasil pemeriksaam astigmat dengan menggunakan teknik cross cylinder dan clock dial. Dari hasil penelitian yang sesuai dengan kriteria yang didapatkan dilapangan hanya ada 2 kriteria yang masuk yaitu astigmat rendah dan astigmat tinggi. Dalam proses pemeriksaan menggunakan metode Cross Cylinder, dengan pasien yang mempunyai power astigmat rendah didapatkan hasil mencapai visuus terbaik akurat dan waktu yang cepat dengan begitu hasil dari penelitian sama dengan teori yang didapat bahwa teknik cross cylinder lebih akurat dan cepat untuk pemeriksaan power astigmat kecil sesuai dengan teori menurut Barbara pada tahun 2012. Dalam proses pemeriksaan menggunakan metode fogging clock dial, dengan pasien yang mempunyai power astigmat tinggi didapatkan hasil mencapai visus terbaik akurat dan waktu yang cepat dengan begitu hasil dari penelitian sama dengan materi yang di dapat bahwa teknik fogging clock diall lebih akurat dan cepat untuk pemeriksaan power astigmat tinggi sesuai dengan teori Opthalmology pada tahun 2010.

References

Anung Anggito Maksus, Standar Prosuder Pemeriksaan Refraksi untuk Refraksionis Optisien (Diploma Optometris). Fakultas Universitas Indonesia. Jakarta; 2016.
American Academy of Ophthalmology, Prevalence and Cmmon Cause Of Vision Impairment In International Ophthalmology Section 13,2005 2006, page 189-199.
Barbara T. Harris, Better one or two ?- Jackson Cross Cylinder Testing makeeasy.2012.
Dony Setiawan HP, S.Kep., Ners., M.M. Hendro Prasetyo, S.kep., Ners., M.Kes, Metode Penelitian Kesehatan untuk Mahasiswa Kesehatan 2015.
Lukman Fauzi, Linda Anggorowati, C. Heriana 2016. Skrining kelainan refraksi mata padasiswa sekolah dasar menuruttanda dan gejala. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/healthedu/ diakses tanggal 13 desember 2018 20.21.
Lopes, MargaridaC., P. G. Hysi, V. J. M. Verhoeven , S. Macgregor,
A. W. Hewitt, G. W montgomery, P. Cumberland, J. R. Vingerling, T. L. Young, C. M. Van duijin, B. Oostra, A. G. Uitterlinden, J. S. Rahi, D. A. Mackey, C.c. w. Klaver. T. Andrew, dan C. J. Hammonf. 2013. Identification of a Candidate Gene for Astigmaatism. http://www.iovs.org. Diakses 03 Maret 2019 21.47.
Nancy B. Carlson, Daniel Kurtz, Clinical Procedures for Ocular Examination for Edition; 2016.
Prof. Dr. H. Sidarta Ilyas, Spm, dr Sri Rahayu Yulianti, Spm. Ilmu Penyakit Mata; 2013.
Prof. Dr. H. Sidarta Ilyas, Spm. Penentuan Ilmi Penyakit Mata. Edisi 2. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 2003)
Pirindhavellie Govender, Bina Patel Refraksi subjektif. New England College Opthometry, Amerika Serikat; 2016

Rohayati 2018, Simulasi Kelainan Hipermetropia Yang Berhubungan Dengan Kinerja Akademik Pada Siswa Sekolah Dasar Swasta Jembar BandungTahun 2018. http;//e- journalmitrapendidikan.com diakes pada tanggal 7 februari 2019 19.45.
Rosman, M,Y. Zheng, E. Lamourex, S.-M. Saw, T. Aung, W.-T Tay, J.-J Wang, p. Mitchell, E.-S. Tai, dan T,-Y.Wrong. 2012. Review of key findings from the singapore malay eyes study(SIMES-1). http://www.iovs.org diakses pada 03 maret 2019 20.30
Saw, Seang-Mei, G. Gazzrd, D. Kh, M. Farook, D. Widjaja, J. Lee dan
D. T. Tan. 2002. Prevalensi Rates of Refractive Errors in Sumatera, Indonesia. 43(10), diakses pada 03 Maret 2019 21.30.
Ns. Roymond H. Simamora, M, Kep, Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan; 2009.
Erwin Zubair Gobel, S.E., M.Si, Dr. Ir. Yosep P. Koton, M.Si, Pengelolaan Danau Limboto Dalam Perspektif
Published
2020-07-03
How to Cite
Sarifudin, G., & Sukarman, A. (2020). Perbandingan Pemeriksaan Astigmat Menggunakan Teknik Cross Cylinder dan Clock Dial. Jurnal Sehat Masada, 14(2), 240-245. Retrieved from https://ejurnal.stikesdhb.ac.id/index.php/Jsm/article/view/330