Gambaran Kualitas Pelayanan dan Minat Beli Ulang Kacamata di Optik Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung Tahun 2018

  • Gaos Sarifudin Institute of Health Science Dharma Husada Bandung, Indonesia
  • Leni Anggraeni Institute of Health Science Dharma Husada Bandung, Indonesia

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat layanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Dampak positif dari pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan serta keinginan untuk melakukan pembelian kembali yang tentunya akan meningkatkan pendapatan yang diterima dari produk yang terjual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan dan minat beli ulang kacamata di Optik Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung tahun 2018. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi adalah konsumen yang telah berkunjung ke Optik Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung pada bulan Mei tahun 2018 sekitar 400 konsumen, pengambilan sampel menggunakan tehnik Accidental Sampling. Hasil penelitian didapatkan kualitas pelayanan di Optik Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung tahun 2018 baik (82,91%) dan minat beli ulangnya cukup baik (79,37%). Maka dari itu diharapkan Optik Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan agar minat beli ulangnya pun meningkat.

References

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta
Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. Buku Seru
Kotler dan Keller K Lane, diterjemahkan oleh Benjamin Molan, (2007). Manajemen Pemasaran, edisi 12 jilid 1. PT. Indeks
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga
. 2015. Manajemen Pemasaran. Jilid 3. Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Indeks
Lovelock, Christoper. 2006. Service Marketing in Asia : Managing People, Technology and Strategy. Prentice Hall. Singapore.
Lovelock, C. & Wright, L. (2006). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta : PT. Indeks
Notoatmodjo, S. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Rangkuti, F., 2006, Measuring Customer Satisfaction. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, Indonesia
Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methodes). Bandung : Alfabeta
Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen; Implikasi pada Strategi Pemasaran.
Yogyakarta. Graha Ilmu
Tjiptono, Fandy. (2009). Strategi Pemasaran. Edisi 2.Cetakan ke tujuh, Yogyakarta. Andi Offset
Tjiptono, Fandy. (2011). Pemasaran Jasa,. Bayumedia. Malang
Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta. ANDI
Abror Aflah Amador. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Sikap Konsumen dan Implikasinya terhadap Minat Beli Ulang, Studi Kasus pada Semerbah Coffee Tembalang Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.
Arfiani Bahar, Herman Sjaharuddin. (2015). Jurnal Organisasi dan Manajemen Volume 3. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang. STIE Bongaya Makasar
Fauziah Nur Rahman. (2010). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Antara Mutu Pelayanan Refraksionis Optisien Dengan Kepuasan Konsumen Di Optik Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung Tahun 2010. STIKes Dharma Husada Bandung.
Hendy Pujianto. (2017). Gambaran Kualitas Pelayanan Rawat Inap di RS Umum Bungsu Bandung, STIKes Dharma Husada Bandung.
Ika Puspitasari. (2014). Jurnal Rasio Aktivitas dan Profitabilitas untuk Menilai Kinerja Keuangan pada Optik Airlangga Surabaya periode 2009 – 2012.
Masnia Mahardi Yanuar. (2017). Analisis Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Marlin Cabang Jember di Pertokoan Jompo Shoping Center. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Jember
Masnia Mahardi Yanuar, Nurul Qomariah dan Budi Santoso. (2017). Jurnal Mnaajemen dan Bisnis Indonesia volume 3 No.1. Dampak Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Marlin Cabang Jember. Fakultas Ekonomi., Universitas Muhammadiyah Jember
Miki Murakami. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Asuka Restaurant Cibitung. Hotel Management, Universitas Bina Nusantara.
Prilando Dewi Marieta. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang, Studi Kasus pada Legend Coffe Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Website :
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Refraksi Optisi/Optometri.http://iropin.org/peraturan/PMK%20No.%2041%20ttg%20Stan dar%20Pelayanan%20Refraksi%20Optisi%20Optometri.pdf https://media.neliti.com/media/publications/106728-ID-pengaruh-dimensi- kualitas-pelayanan-dan.pdf
Published
2019-01-08
How to Cite
Sarifudin, G., & Anggraeni, L. (2019). Gambaran Kualitas Pelayanan dan Minat Beli Ulang Kacamata di Optik Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung Tahun 2018. Jurnal Sehat Masada, 13(1), 135-145. Retrieved from https://ejurnal.stikesdhb.ac.id/index.php/Jsm/article/view/322