HUBUNGAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN VAKSINASI COVID-19 DENGAN KEPUASAN PESERTA VAKSINASI DI UPT PUSKESMAS SEKELOA KOTA BANDUNG TAHUN 2021
Abstract
Pelayanan vaksinasi merupakan salah satu upaya preventif pada pandemi Covid-19. Berdasarkan studi pendahuluan, kualitas pelayanan vaksinasi Covid-19 di UPT Puskesmas Sekeloa Kota Bandung masih kurang yaitu tempat vaksinasi yang kurang luas, petugas bersikap acuh dalam memberikan pelayanan, dan waktu mulai pelayanan terlambat. Kualitas suatu pelayanan sangat penting dalam menentukan kepuasan pelanggan. Masyarakat yang puas terhadap kualitas pelayanan vaksinasi dapat menjadi ajakan bagi masyarakat yang lain dan meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19. Tujuan penelitian mengetahui hubungan persepsi kualitas pelayanan vaksinasi Covid-19 dengan kepuasan peserta vaksinasi di Puskesmas Sekeloa Kota Bandung Tahun 2021. Jenis penelitian kuantitatif analitik dengan rancangan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah 200, dengan besar sampel 130 peserta vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Sekeloa Kota Bandung Tahun 2021. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Terdapat hubungan antara persepsi kualitas pelayanan vaksinasi Covid-19 dengan kepuasan peserta vaksinasi dengan nilai p-value 0,000. Masing-masing dimensi kualitas yang berhubungan dengan kepuasan peserta vaksinasi Covid-19 adalah dimensi empathy, responsiveness, reliability, dan assurance. Sedangkan dimensi tangible tidak berhubungan dengan kepuasan peserta vaksinasi Covid-19 di UPT Puskesmas Sekeloa Kota Bandung Tahun 2021. Saran perlu dilakukan supervisi terhadap pelayanan vaksinasi dengan memprioritaskan semua aspek pelaksanaan sesuai dengan daftar tilik pelaksanaan pelayanan vaksinasi Covid-19.
References
Aulia, R. (2021). Dipetik Agustus 2021, dari Globalstatistic Academic: https://www.globalstatistik.com/skala-ordinal/
Kemenkes, RI. (2021). Dipetik Mei 1, 2021, dari Vaksin.Kemkes: https://vaksin.kemkes.go.id
Kemenkes, RI;. (2014). Imunisasi Dasar : Katalog Dalam Terbitan Kemenkes RI. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Kemenkes, RI;. (2021). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Kotler. (2000). Marketing Manajemen. New York: Mc Graw Hill.
Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Parasuraman, A., Zeithaml, V., & Berry, L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Research. Journal of Marketing, 45(41-50).
Putsanra, D. V. (2020, April). Apa itu Herd Immunity dan Kaitannya dengan Virus Corona Covid-19. Tirto.id Kesehatan.
Ratnawati, L. (2015). Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien KIA Puskesmas Ngresep Kota Semarang. KEMAS : Jurnal Kesehatan Masyarakat.
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa (3rd Edition ed.). Yogyakarta.
WHO;. (2021). Dipetik Mei 1, 2021, dari World Health Organization: https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus