GAMBARAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PENYAKIT ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) TERHADAP ANAK

  • Nadhinda Bulan Chairil Institute of Health Science Dharma Husada Bandung, Indonesia
  • Putri Permata Institute of Health Science Dharma Husada Bandung, Indonesia
  • Siti Sugih Hartiningsih Institute of Health Science Dharma Husada Bandung, Indonesia
Keywords: Knowledge, ADHP, Attention Deficit Hyperactivity Disorder

Abstract

Peran orang tua sangat penting dan orang tua harus memiliki pengetahuan yang baik tentang cara menangani anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Literatur review ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan orang tua mengenai gangguan ADHD. Berdasarkan beberapa penelitian ditemukan bahwa pengetahuan orang tua masih rendah, di beberapa wilayah mungkin sudah cukup baik namun belum bisa untuk dikatakan sepenuhnya baik. Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan orang tua atau keluarga di Kecamatan Denpasar Timur tentang ADHD masih sangat kurang, sedangkan di Desa Talangagung,Kabupaten Malang pengetahuan orang tua atau keluarga tentang deteksi dini GPPH atau ADHD cukup baik.

References

Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W. T., & Parlin, G. A. K. U. (2018). Gambaran Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Adhd Di Paud Kecamatan Denpasar Utara. Bali Medika Jurnal, 5(1), 8–20. Https://Doi.Org/10.36376/Bmj.V5i1.15
Asmira, V. (2015). Anak Hiperaktif. Andi Offset.
Chrisna, F. (2014). Terapi Dan Bimbingan Menulis Untuk Anak ADHD. Redaksi Maxima.
Davidson, G. C., Neale, J. M., & Kring, A. M. (2018). Psikologi Abnormal (9th Ed.). Rajawali Pers.
Fitri, I. M., Nurbadriah, W. D., & Kumalasari, G. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Dengan Tingkat Resiko Gpph Di Tk Muslimat Nurul Anwar Desa Talangagung. Journal Of Applied Nursing (Jurnal Keperawatan Terapan), 6(01), 19. Https://Doi.Org/10.31290/Jkt.V6i01.1463
Gunawan, A. W. (2003). Born To Be A Genius Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Gramedia Pustaka Utama.
Hidayati, R. (2015). Peran Konselor Sekolah Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pada Siswa Hiperaktif (ADHD). Refleksi Edukatika, 5(1). https://doi.org/10.24176/re.v5i1.431
Notoadmojo, S. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rhineka Cipta.
Nugroho, Y. D. J. (2014). Efek Brain Gym Dalam Meningkatkan Perhatian Anak ADHD. Universitas Setia Budhi. https://adoc.pub/efek-brain-gym-dalam-meningkatkan-perhatian-anak-attention-d.html
Paternotte, A., & Buitelaar, J. (2010). ADHB Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas) Gejala, Diagnosis, serta Penangannya di Rumah dan di Sekolah. Kencana.
Patternote, A., & Buitelaar, J. (2013). Attention Deficit Hyperactivity Disored(ADHD). Prenada.
Sulemba, D. S., Kaunang, T. M. D., & Dundu, A. E. (2016). Deteksi Dini Dan Interaksi Anak Gangguan Pemusatan Perhatian Hiperaktivitas Dengan Orang Tua Dan Saudara Kandung Pada 20 Sekolah Dasar Kota Manado. E-CliniC, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35790/ecl.v4i2.12661
Published
2022-07-29
How to Cite
Bulan Chairil, N., Permata, P., & Hartiningsih, S. S. (2022). GAMBARAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PENYAKIT ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) TERHADAP ANAK. Jurnal Sehat Masada, 16(2), 410-414. Retrieved from https://ejurnal.stikesdhb.ac.id/index.php/Jsm/article/view/377