Hubungan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Trimester III dengan Kesiapan Menghadapi Persalinan pada masa Pandemi Covid-19 di Praktik Mandiri Bidan (PMB)

  • Ida Suryani Institute of Health Science Dharma Husada Bandung, Indonesia
  • L'mira Seutiya Wati Institute of Health Science Dharma Husada Bandung, Indonesia

Abstract

Kecemasan adalah keadaan perasaan keprihatinan, rasa gelisah, ketidaktentuan, atau takut dari kenyataan atau persepsi ancaman normal terjadi dalam berbagai keadaan, seperti pertumbuhan, adanya perubahan dan pengalaman baru merupakan perasaan takut yang tidak jelas penyebabnya dan tidak didukung oleh situasi yang ada. Kecemasan ibu selama hamil dan menjelang persalianan dapat dipengaruhi oleh faktor usia maupun sosial ekonominya, karena kedua faktor tersebut akan turut menentukan kesiapan ibu dan keluarga dalam menjalani kehamilan serta mempersiapkan proses persalinan. jenis penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan desain cross sectional. Jumlah sampel 40 ibu hamil trimester III sesuai dengan kriteria inklusi yaitu ibu hamil trimester 3 bersedia menjadi responden. Teknik sampling dengan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 72.5% responden memiliki kecemasan ringan dengan kesiapan melahirkan yang baik. Ibu hamil mengalami kecemasan disebabkan oleh pandemi takut terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Hasil uji analisis statistic menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara tingkat kecemasan ibu hamil trimester 3 dengan kesiapan melahirkan di masa pandemic (p = 0.005).

Published
2022-01-18
How to Cite
Suryani, I., & Seutiya Wati, L. (2022). Hubungan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Trimester III dengan Kesiapan Menghadapi Persalinan pada masa Pandemi Covid-19 di Praktik Mandiri Bidan (PMB). Jurnal Sehat Masada, 16(1), 40-47. https://doi.org/https://doi.org/10.38037/jsm.v16i1.262