Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Guru Terhadap Kehamilan Tidak Diinginkan Pada Remaja

  • Rismayati Rismayati Institute of Health Science Dharma Husada, Bandung, Indonesia
  • Ermiati Ermiati Padjadjaran Univercity
  • Pipih Napisah Institute of Health Science Dharma Husada, Bandung, Indonesia
Keywords: Unintended Pregnancy, Knowledge, Attitude, Teacher

Abstract

Latar belakang : Banyaknya kejadian kehamilan tidak diinginkan (KTD) pada remaja yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas menjadikan masalah yang harus ditangani. Problematika inilah yang menjadi masalah dikalangan remaja, perlunya peran dan fungsi guru didalamnya untuk mengetahui, membimbing, mengarahkan dan bagaimana cara menyikapi remaja dengan KTD. Tujuan : Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap guru terhadap kehamilan tidak diinginkan pada remaja. Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis korelasi dan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 85 guru di SMAN 1 Cilaku Cianjur dan SMA IT Daaruttaqwa Assyamsyuriyyah yang diambil secara total sampling. Pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis univariat menggambarkan distribusi frekuensi. Analisis penelitian bivariat menggunakan uji rank spearment. Hasil penelitian : Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap guru terhadap kehamilan tidak diinginkan pada remaja (p=0,001). Saran : Saran guru diharapkan dapat memberikan edukasi atau arahan upaya mencegah terjadinya kehamilan tidak diinginkan pada pada siswa, serta guru dapat mengetahui  bagaimana cara menyikapi kasus kehamilan tidak diinginkan pada remaja.

References

A, wawan, dan Dewi M, 2018.Teori dan Pengukuran Pengetahuan, sikap dan
perilaku manusia, Nuha Medika, Yogyakarta
Ag, U. M. S., Adabiah, R., Jauhari, S. P. I., Faizah, T. N., Warlinah, S. A., Rohim,
T., ... & Supriadi, H. E. (2020). Guru Profesional. Penerbit Lakeisha.
Arikunto, S, 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta,
Jakarata
Darmawan, F. H., & Puspitasari, A. (2019). Pengetahuan dan Sikap Tentang Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) Pada Siswi Di SMK Pasundan Putra Cimahi. jurnal kesehatan kartika, 14(3).
Dhamayanti, M., & Asmara, 2017.Remaja, Kesehatan dan Permasalahannya, Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia, Jakarta
Fitriani, I. P., Handayani, R., & Happinasari, O. (2011). Hubungan Antara Frekuensi Interaksi Dengan Media Pornografi Terhadap Perilaku Seks Remaja Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 4 Purwokerto Tahun 2011. Bidan Prada, 2(02).
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274-285.
Ingke, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Upaya Pencegahan
Kehamilan Yang Tidak Dinginkan (Ktd) Akibat Seksual Bebas Pada Remaja Putri Di SMA Swasta Primbana Medan Tahun 2019.
Karlina, D., Mardjan, M., & Taufik, M. (2015). Hubungan Antara Pengetahuan, Peran Guru Bimbingan Konseling (BK) Dan Peran Orang Tua Dengan Perilaku Seks Pranikah Pada Remaja Sma Di Desa Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Tahun 2013. Jumantik: Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan, 2(2).
Kumalasari, D. (2016). Hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku seksual pada siswa SMK. Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(1), 93-97.
Kusuma, DK (2011) Metodologi penelitian keperawatan, Trans info media : Jakarta
Kusmiran, Eny, 2012. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Salemba Medika, Yogyakarta.
Mardiyah, dkk. 2019. Pencegahan Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) Pada Remaja Putri yang Aktif Seksual Di Wilayah Kerja Poskesdes Kerembong Lombok Tengah. Midwifery Journal | Vol.4, No.1, Januari 2019
Muarifah, A., Soesilo, T. D., & Tagela, U. (2019). Hubungan Pengetahuan tentang
Pendidikan Seks dengan Perilaku Seksual Remaja. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 1-9.
Notoatmodjo, S. 2017. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Notoatmodjo, S. 2019. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Pratama, E., Hayati, S., & Supriatin, E. (2014). Hubungan pengetahuan remaja tentang pendidikan seks dengan perilaku seks pranikah pada remaja di SMA Z Kota Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 2(2).
Setyawati. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku seksual remaja di Jawa Tengah : Jakarta.
Soetjiningsih, 2010. Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya, Sagungseto, Jakarta.
Published
2023-01-26
How to Cite
Rismayati, R., Ermiati, E., & Napisah, P. (2023). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Guru Terhadap Kehamilan Tidak Diinginkan Pada Remaja. Jurnal Sehat Masada, 17(1), 127-132. Retrieved from https://ejurnal.stikesdhb.ac.id/index.php/Jsm/article/view/421