Peningkatan Pengetahuan dan Perilaku Pencegahan HIV dari Ibu ke Bayi dengan Media Booklet

  • Mira Meliyanti Institute of Health Science Dharma Husada Bandung

Abstract

Cakupan pelaksanaan  skrining triple eliminasi di Kabupaten Bandung Barat  masih rendah. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam pelaksanaan peningkatan pengetahuan dan perilaku adalah Pendidikan kesehatan. Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan dukungan salah satunya dengan memberikan Pendidikan tentang pencegahan HIV/AIDS pada ibu ke bayi melalui booklet.

Tujuan penelitian untuk M mngetahui pengaruh pemberian booklet terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku pada ibu hamil tentang pencegahan HIV/AIDS pada ibu ke bayi.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan pre test and posttest with control group yang dilaksanakan pada bulan November s.d Februari 2021. Sampel studi penelitian ini adalah seluruh ibu usia reprodukstif yang datang ke wilayah kerja PMB kabupaten bandung barat. Sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Dengan sampel 96 orang. Analisis data menggunakan independent t-test, dan MANOVA. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner.

Terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan antara dua kelompok dengan p-value=0.026, terdapat perbedaan peningkatan sikap antara dua kelompok dengan p-value=0.015. bahwa terdapat perbedaan peningkatan dukungan antara dua kelompok dengan p-value=0.018.

Ada pengaruh pemberian booklet terhadap peningkatan pengetahuan dan prilaku pada ibu hamil.

Published
2021-07-30
How to Cite
Meliyanti, M. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Perilaku Pencegahan HIV dari Ibu ke Bayi dengan Media Booklet. Sehat Masada, 15(2), 223-230. https://doi.org/https://doi.org/10.38037/jsm.v15i2.216