STRATEGI PEMASARAN LAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANDUNG KIWARI

  • Gugum Pamungkas Dharma Husada College of Health Science
Keywords: Marketing Strategy, Hospital, Health Services

Abstract

RSUD Bandung Kiwari is a hospital owned by the Bandung City Government which was previously named the Bandung City Mother and Child Special Hospital (RSKIA) and is registered with the Indonesian Ministry of Health. In 2019-2020 RSUD Bandung Kiwari experienced a decrease in visits, but in 2021-2022 RSUD Bandung Kiwari experienced an increase in return visits. Purpose is analyze the health service marketing strategy at Bandung Kiwari Hospital in 2023. Research method is qualitative descriptive. Data collection techniques use interview, observation and documentation. There were seven informants consisting of four key informants and three secondary informants. The hospital continues to maintain the quality and add new services needed by the community. The services Bandung Kiwari Hospital are more oriented towards Type B General Hospital, prices are set in accordance with Perwal/175/2018, the place is in the middle of Bandung City, promotions are carried out using all the updated media.

References

Apriliani IM, Purba NP, Dewanti LP, Herawati H, Faizal I. Open access Open access. Citizen-Based Mar Debris Collect Train Study case Pangandaran. 2021;2(1):56–61.
Maulana N. Menelisik Strategi Pemasaran Rumah Sakit Menggunakan Market Based-Management. J Manaj Bisnis. 2020;17(3):374.
Dukungan H, Terhadap K, Pasien M, Stroke P. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 2022;4:1707–15.
Fajrini F, Latifah N, Herdiansyah D, Romdhona N, Studi Kesehatan Masyarakat P, Kesehatan Masyarakat F, et al. Strategi Bauran Pemasaran Rumah Sakit di Era Covid-19 (Study Rumah Sakit X). J Kedokt dan Kesehat [Internet]. 2022;18(1):113–22. Available from: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JKK
Ekawati SS, Andriani H. Strategi bauran pemasaran pelayanan kesehatan rumah sakit Yadika Pondok Bambu pada masa pandemi Covid-19. J Med Hutama [Internet]. 2022;03(02):2073–83. Available from: http://www.jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/415/284
Nurlina F, Sas U, Karin DA. Analisis Bauran Pemasaran Pada Masa New Normal Di Praktik Keperawatan Mandiri Kota Tasikmalaya. program Studi D3 Keperawatan dan Profesi Ners, Fak Ilmu Kesehat Univ Muhammadiyah Tasikmalaya. 2020;42–7.
Heningnurani AY. Strategi Pemasaran RSUD H Abdul Manap Kota Jambi. J Adm Rumah Sakit Indones. 2019;5(3):153–64.
Husein Umar, Desain Penelitian Manajemen Strategik, (Jakarta: Rajawali Pers ,2013),16
Lupioadi, Manajemen Pemasaran Jasa dan Praktek, (jakarta : Salemba Empat, 2001), 31.

Philip kotler, Manajemen Pemasaran Jilid 1dan 2,(Jakarta: PT Ineks Kelompok Gramedia,2005),10.

Sofjan Asauri, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011), 168.

Panji Anaroga, Pengantar Bisnis Pengelolaan Bisnis Dalam Era Globalisasi, (Jakarta: Rineka Cipta,2011), 188

Agus Hermawan, Komunikasi Pemasaran, (Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2012), 35.

Sofjan Asasauri, Manajemen Pemasaran,224-227.

Dedi Purwana, Studi Kelayakan Bisnis, 81

Hooley, G., Piercy, N. F., & Nicoulaud, B. (2008). Marketing Strategy and Competitive Positioning Fourth Edition. England: Pearson Education Limited.

Ilma Arsala Alaika. 2014. Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Berhubungan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Klinik Berobat RS Hermina Bekasi. Fakultas Kesehatan dan Ilmu KesehatanProgam Studi Kesehatan Masyarakat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu Kemenkes RI, 2010b, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340 tahun 2010 tentang Klasifikasi Rumah Sakit, Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Kotler, Phillip.2009. manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta; Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Amstrong (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
Menkes RI. 2008. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 129/MENKES/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Mukhlis. 2012. Pengaruh Kepuasan Layanan terhadap Minat Beli Ulang Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Tanjung Pura tahun 2012. Tesis Kesehatan Masyarakat.Universitas Sumatera Utara.

Muninjaya, A. A. G. (2011) Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian: pendekatan praktis (edisi 3).Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pendekatan Praktis.Ed. 4. Jakarta: Salemba Medika.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi. 2007. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern ed 2jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

S. Supriyanto dan Ernawati, 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa - Prinsip,Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Undang – Undang RI Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta 2009.

Peraturan Menteri Kesehatan No. 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat .

Aditama. (2012). Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Edisi 2. Jakarta. UI Press
Published
2025-06-25