Kajian Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas (SP3) di UPT Puskesmas Talagabodas Kecamatan Lengkong Kota Bandung Tahun 2016

  • Gugum Pamungkas STIKes Dharma Husada Bandung
Keywords: Record and reporting system, Health Information System, Puskesmas

Abstract

Salah satu pemantapan dan pengembangan Sistem Informasi Kesehatan melalui pengumpulan data di Puskesmas yaitu melalui Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas (SP3). Berdasarkan Rekapitulasi Laporan Penilaian Kinerja Puskesmas di Kota Bandung Tahun 2014, ditemukan masalah kurang baik dan belum maksimalnya pencatatan dan pelaporan Puskesmas. Di dalam Kriteria Pengelompokan Akhir Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) Dinas Kesehatan Kota Bandung Tahun 2014, UPT Puskesmas Talagabodas mempunyai kriteria kurang dengan nilai akhir paling rendah yaitu 79,21 dibandingkan dengan Puskesmas lain. Tujuan Penelitian : Untuk mengkaji SP3 dari aspek input, proses, dan output.

Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, informan kunci dalam penelitian ini adalah Koordinator Laporan di Dinas Kesehatan Kota Bandung, informan utama adalah seluruh petugas program di UPT Puskesmas Talagabodas yang berjumlah 7 orang.

Hasil penelitian menunjukkan tenaga kesehatan dan sarana prasarana belum mencukupi, formulir SP3 sudah mencukupi, sumber dana SP3 berasal dari APBN/APBD, sebagian besar program di Puskesmas telah menggunakan teknologi informasi namun jaringannya masih sering erorr, laporan maksimal dikirimkan ke Dinas tanggal 5 setiap bulannya. Laporan yang dikirimkan ke Dinas tidak mengalami keterlambatan dan sudah lengkap. Aspek Proses masih terdapat kekurangan. Aspek Output belum sepenuhnya akurat, laporan dari Jejaring terkadang mengalami keterlambatan. Feedback dari Dinas berupa Bimbingan Teknis. Hasil pengolahan data SP3 sebagai acuan untuk evaluasi kinerja Puskesmas, penyusunan rencana tahunan  serta penilaian kinerja Puskesmas.

Published
2017-07-03
How to Cite
Pamungkas, G. (2017). Kajian Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas (SP3) di UPT Puskesmas Talagabodas Kecamatan Lengkong Kota Bandung Tahun 2016. Jurnal Sehat Masada, 11(2), 109-124. Retrieved from https://ejurnal.stikesdhb.ac.id/index.php/Jsm/article/view/37