Hubungan Dismenorea terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswi di Prodi DIII Kebidanan STIK Immanuel Bandung

  • Hani Tiana STIK Immanuel Bandung, Indonesia
Keywords: dysmenorrhea, activity, mentruation

Abstract

Nyeri haid (dismenore) merupakan salah satu gangguan saat menstruasi dan salah satu aktivitas yang terganggu akibat terjadinya dismenore pada mahasiswi adalah aktivitas belajar. Survei pendahuluan yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa mahasiswi yang mengalami dismenore merasa tidak nyaman dan tidak bersemangat dalam proses pembelajaran, sehingga hal ini membuat mahasiswi tidak masuk perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Dismenore terhadap aktivitas belajar mahasiswi di Prodi DIII Kebidanan STIK Immanuel Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional , populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi yang mengalami dismenore yaitu sebanyak 28 orang. Berdasarkan analisi data diperoleh Dari 28 orang mahasiswi yang aktivitas belajarnya terganggu karena mengalami dismenore adalah sebanyak 11 orang (39,3%) sedangkan mahasiswi yang aktivitas belajarnya tidak terganggu saat mengalami dismenore adalah sebanyak 17 orang (60,7%).  Dari hasil jumlah mahasiswi tersebut ditemukan bahwa dari 11 orang mahasiwa yang aktivitasnya terganggu adalah mahasiswi yang mengalami dismenore dengan intensitas nyeri berat. Analisis data menggunakan chi square dengan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kejadian dismenore terhadap aktivitas keluarga (0,000<0,05). Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara kejadian dismenore terhadap aktivitas belajar mahasiswi di prodi DIII Kebidanan STIK Immanuel.

Published
2022-01-18
How to Cite
Tiana, H. (2022). Hubungan Dismenorea terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswi di Prodi DIII Kebidanan STIK Immanuel Bandung. Jurnal Sehat Masada, 16(1), 79-84. https://doi.org/https://doi.org/10.38037/jsm.v16i1.266