Persepsi Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Poli Klinik Umum Di Puskesmas X

  • Annisa Nur Erawan STIKes Dharma Husada Bandung

Abstract

Puskesmas merupakan pelayanan kesehatan terdekat dengan masyarakat yang semestinya memberikan pelayanan secara maksimal. Hal tersebut dipengaruhi oleh kesadaran masyarakat akan kesehatan mengakibatkan tuntutan peningkatan pelayanan kesehatan yang dipandang tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan menurut persepsi pasien. Jenis penelitian berupa deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi sebanyak 126, dengan teknik accidental sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 55 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan yaitu univariat dan bivariat dengan uji korelasi spearman rank. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar pasien menyatakan kualitas pelayanan yang dilihat berdasarkan daya tanggap yang menyatakan tidak baik 31 orang (56,4%), jaminan sebanyak 43 orang (78,2%), bukti fisik sebanyak 45 orang (81,8%), empati sebanyak 48 orang (87,3%), keandalan sebanyak 39 orang (70,9%). Saran bagi pihak puskesmas yaitu dapat memberikan pelayanan baik kepada pasien diharapkan dapat memberikan pelayanan dengan sungguh-sungguh dalam melayani pasienĀ  sesuai harapan yang lebih tanggap terhadap keluhan yang dialami.

Published
2019-04-25
How to Cite
Nur Erawan, A. (2019). Persepsi Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Poli Klinik Umum Di Puskesmas X. Jurnal Sehat Masada, 11(1), 14-22. Retrieved from https://ejurnal.stikesdhb.ac.id/index.php/Jsm/article/view/23