Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Trimester II Dengan Kepatuhan Dalam Mengkonsumsi Tablet Zat Besi Di Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung

  • Sri Hennyati A
  • Haidir Syafrullah
  • Gita Sri Andriani

Abstract

Latar Belakang Zat besi adalah suatu mineral penting yang diperlukan selama kehamilan, bukan hanya untuk bayi tetapi juga untuk ibu hamil. Selama hamil ibu harus mengkonsumsi tablet zat besi minimal 90 tablet. Dalam meningkatkan kepatuhan ibu hamil mengkonsumsi tablet zat besi diperlukan juga pengetahuan yang baik.

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi tablet zat besi di Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung Periode 2016.

Jenis penelitiannya ialah deskripsi  korelatif. Pengambilan sampel menggunakan metode  accidental sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 42 ibu hamil trimester II. Penelitian dilakukan pada bulan Januari – Juni 2016. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner pengetahuan ibu hamil tentang tablet zat besi dan kuesioner kepatuhan dalam mengkonsumsi tablet zat besi. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat uji chi square.

Hasil Data hasil penelitian dengan uji analisis univariat menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil trimester II di Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung, sebagian besar memiliki pengetahuan yang baik (71,4%), sedangkan kepatuhan dalam mengkonsumsi tablet zat besi di Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung dari responden (54.8%) dinyatakan memiliki tingkan kepatuhan tinggi. Dari hasil analisis bivariat uji chi square dengan p-value (0,000) ≤ a (0,05) yang artinya terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan ibu hamil trimester II dengan kepatuhan dalam mengkonsumsi tablet zat besi di Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung.

Published
2016-07-01
How to Cite
A, S., Syafrullah, H., & Andriani, G. S. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Trimester II Dengan Kepatuhan Dalam Mengkonsumsi Tablet Zat Besi Di Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung. Jurnal Sehat Masada, 10(2), 1-7. https://doi.org/https://doi.org/10.38037/jsm.v10i2.13