Perilaku Makan dan Status Gizi Anak Usia Sekolah Dasar di SD Cikancung 04 Desa Mandalasari Kabupaten Bandung
Abstract
Perilaku makan merupakan kebiasaan makan yang bisa diubah. Perilaku makan yang baik perlu dibentuk sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan gizi. Perilaku makan yang tidak sesuai akan menyebabkan asupan gizi berlebih atau sebaliknya kekurangan. Asupan berlebih menyebabkan kelebihan zat gizi, sebaliknya asupan makanan yang kurang akan menyebabkan tubuh menjadi kurus dan rentan terhadap penyakit. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan perilaku makan dan status gizi pada anak usia sekolah dasar di SD Cikancung 04 Desa Mandalasari. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan teknik pengambilan data total sampling. Sampel penelitian berjumlah 170 orang meliputi anak kelas 1 sampai dengan anak kelas 6, pengumpulan data untuk mengukur perilaku makan dilakukan dengan menggunakan kuesioner baku Child Eating Behaviour Questionnaire (CEBQ) sedangkan untuk status gizi dilakukan dengan mengukur TB dan BB anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara perilaku makan dan status gizi pada anak usia sekolah dasar di SD Cikancung (p value 0,001).